Mencegah Koneksi SSH pada Putty Terputus (Time Out)

SecurShell atau yang kita kenal dengan SSH adalah sebuah layanan yang berisi protokol jaringan yang dapat membantu melakukan remote shell pada sebuah jaringan. Kita biasanya memakai SSH untuk melakukan konfigurasi server. Terus bedanya SSH dengan Remote Login apa? Simplenya sih gini, kalo remote login itu tidak dilengkapi dengan enkripsi dan dekripsi, maka SSH sudah dilengkapi dengan enkripsi dan dekripsi pada end to end device. Itulah mengapa, SSH menjadi lebih aman dibandingkan remote login yang lain.


Cara agar koneksi SSH pada Putty tidak terputus

Buat kalian yang sering remote SSH melalui SSH Client di Windows, maka kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu software SSH client ini, sebut saja Putty, yah memang putty adalah salah satu software ssh client yang paling direkomendasikan oleh beberapa pihak. Karena tampilannya yang sederhana dan ukurannya pun terbilang kecil.

Saat memakai putty, mungkin kalian bakal nemuin masalah paling nyebelin, yaitu KONEKSI / SESSION YANG SERING TERPUTUS. Nah, saya juga pernah ngerasain, bolak-balik login masukin username sama password. Dan itu saya rasa cukup mengganggu dan ngebuang waktu kalian slurr.

SOLUSI BUAT KONEKSI SSH YANG SERING TERPUTUS

Dalam tutorial ini saya memakai software SSH Client Putty, mungkin kalo kalian pakai Kitty juga bisa, secara kitty juga mirip tampilannya dengan putty.
1. Pertama kalian buka aplikasi putty nya, dan silahkan pergi ke menu connection.
connection pada putty
2. Lihat pada arah panah merah, silahkan sesuaikan pengaturan di aplikasi putty kalian seperti gambar. Enable TCP keepalives adalah yang mengatur agar koneksi SSH yang kamu pakai nggak terputus jika ditinggalin buka yang lain. Terus '30' itu adalah waktu yang direkomendasikan buat kalian pakai. Setelah itu, kalian bisa langsung start.
enable tcp keepalives
Dengan cara diatas maka koneksi SSH pada aplikasi Putty kalian udah nggak lagi gampang terputus. Selamat mencoba!
Oke, sekian dulu tutorial tentang Cara Mencegah Remote Koneksi SSH Terputus Pada Putty, semoga dapat bermanfaat buat kalian yang membutuhkan informasi ini.

Comments

Popular posts from this blog

Hugo : Sebuah Framework Blogging Modern, Bisa Dipasang Google Adsense!